Pemkab Buteng Dorong Iplementasi Seo Bambu Digelar Berskala Nasional di Mastim

Sekda Buteng (tengah, kemeja putih) saat berfoto bersama usai kegiatan penanaman bambu laut di Desa Kamama Mekar. Foto : Dokumentasi BTC


BUTONISLANDTRAVELLING.COM, BUTON TENGAH - Suksesnya pelaksanaan iplementasi Seo Bamboo di Desa Kamama Mekar, Kecamatan Gu yang digelar oleh Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan (LPTK) Wakatobi bersama komunitas Buton Tengah Creative (BTC) mendorong Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) untuk menggelar kembali kegiatan tersebut di Buteng dengan skala yang lebih besar. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng, H. Kostantinus Bukide saat ditemui beberapa awak media usai membuka kegiatan tersebut. 

Pemilik mobil berplat nomor 6 di Buteng itu mengaku penanaman bambu laut seperti yang dilakukan di Desa Kamama itu akan sangat tepat jika momennya diaksanakan di hari ulang tahun (HUT) Buteng ke-7 mendatang di Kecamatan Mawasangka Timur.

"Jadi nanti skalanya akan lebih besar minimal nasional dengan menghadirkan Kemenko Kemaritiman," tuturnya. Rabu, 31 Maret 2021.

Ia juga menyebut hal itu sangat mungkin untuk dilakukan melihat rentan waktu yang masih menyisahkan beberapa bulan lagi lamanya. 

"Hut Buteng kan masi menyisahkan waktu beberapa bulan lagi, jadi segala persiapan termasuk membangun koordinasi dengan Kemenko Kemaritiman itu masi bisa dilakukan. Apa lagi pak Bupati dan pak Ferlin (Kepala LPTK Wakatobi)  saat bincang-bincang tadi sangat respek untuk dilakukan kedua kalinya dan lebih besar lagi," jelasnya.

Bahkan, jenderal dari para ASN di Buteng ini terkait penanaman bambu laut ini menyimpan harapan besar kedepannya untuk dilakukan di tiap kecamatan. 

"Melihat penjelasan dari tim LPTK Wakatobi tadi justru saya berkeinginan kalau bisa ditiap kecamatan kita lakukan dan kita padukan dengan jenis karang lainnya biar bervariasi," harapnya. 


Penulis : Amrin Lamena

Posting Komentar

0 Komentar