Berawal Dari Media Sosial, Rajutan Wanita Asal Talaga Raya Ini Sentuh Pasar Nasional

Owner RJR Craft, Rahmawati.

BUTONISLANDTRAVELLING, BUTON TENGAH - Di era perkembangan tekhnologi dan informasi yang sangat pesat seperti saat ini berpengaruh besar terhadap kehidupan sehari-sehari, salah satunya adanya media sosial. 

Terlepas dari sisi lainya, kemudahan memperoleh informasi dan pengetahuan melalaui media sosial telah membawa perubahan pada jalan hidup banyak orang saat ini. Salah seorang yang menikmati manfaat dari media sosial adalah Rahmawati (25). Wanita yang telah menemukan feshionya untuk memulai karirnya.

Rahmawati adalah seorang gadis kelahiran Kecamatan Talaga Raya, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), yang kini tengah fokus mengembangkan usaha kerajinan dari rajutan. 

Produk yang ia hasilkan dari rajutan pun beragam, seperti sepatu, sendal rajut Handmade, baju, tas, dompet, sepatu, sendal, songkok, topi, gantungan kunci, cover tempat tisu, taplak meja, cover galon, cover tudung saji, kaligrafi dan lainnya. 

"Banyak sih kak produk saya, semua materialnya dari benang rajut (poli indo & polycherry) dirajut langsung dari lubang-lubang outsole dan tidak menggunakan lem," tutur Rahma saat dihubungi media ini. Jum'at, 23 April 2021.

Untuk produk seperti, tas, baju, sepatu dan sendal rajut handmade, ukuran yang dihasilkannya pun berfariasi, mulai dari ukuran untuk orang dewasa hingga anak-anak. 

Harga tiap produk yang dihasilkannya pun berfariasi dan terbilang cukup terjangkau. Tergantung ukuran dan model setiap produknya.

"Harga beda-beda, yang paling murah ada yang Rp35 ribu/pcs. Untuk pakaian, sepatu dan sendal dari anak-anak dan dewasa itu per price bisa seharga Rp150- Rp350 ribu. Yang paling mahal tas, ada yang seharga Rp700 ribu/pcs," urainya. 

Bagi anda yang tertarik dengan produk dari RJR Craft ini, tidak perlu hawatir barangnya tidak sesuai pesanan. Karena RJR Craft memakai sistem Pra Order (PO) dan free custom (outsole, color, motive, model end size), barang yang dihasikan sesuai pesanan dari para customer

Menariknya, keahlian Rahmawati dalam merajut tersebut, ia perolehnya secara otodidak dari media sosial, yakni youtube, sejak Januari 2019 lalu. 

Dalam jangka dua bulan, Rahmawati fokus belajar dari konten-konten yang berhubungan dengan rajutan di youtube, hingga akhirya kini perempuan kelahiran Kepulaun Talaga itu berhasil mengembangkan usaha RJR Craftnya dengan berbagai jenis produk dari hasil rajutan yang telah ia modifikasi sedemikian rupa. 

"Awal merajut saya belajar di youtube. Januari 2019 saya benar-benar otodidak, hanya bermodalkan niat dan kuota internet. Dua bulan belajar, bulan ke tiga suda buka order," tutur mahasiswi Unismuh Makassar itu menceritakan kisahnya. 

Istilah 'pelan tapi pasti' nampaknya patut disematkan kepada wanita kelahiran tahun 1995 silam itu. Pasalnya, saat ini produk rajutan dari RJR Craft yang dikembangkannya itu telah menyentuh pasar nasional. 

Berkat media sosial pula, setiap bulannya, Rahmawati melayani pesanan dari para pencita produk rajutan di berbagai daerah, termasuk ibu kota Indonesia, Jakarta. 

"Penjualan Alhamdulillah sampai saat ini masi lancar. Selama ini pesanan suda ada dari beberapa daerah di Jawa termasuk Jakarta, Madura, ternate, dan Papua. Kayaknya itu saja si kak," ungkapnya. 

Baru-baru ini juga, produk dari RJR Craft ini menghiasi pameran 'Expo dan Seminar Kewirausahaan Muda Berkarya' yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara, di pelataran eks Tugu MTQ kendari. 

Oleh Dinas Koperasi UMKM Buteng, Rahmawati dipercayakan mewakili Buton Tengah menjadi peserta dalam pameran dan seminar bersama para pelaku UMKM Muda lainnya utusan dari berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki produk dari RJR Craft ini, Anda bisa memesanya melalui akun media sosial RJR Craft, facebook RjrCraf Talaga Raya, IG @rjr_craft_rajut dan via Whatshaap. Anda juga bisa datang langsung di tempat produksi RJR craft yang beralamat di Desa Liwulompona, Kecamatan Talaga Raya.

Berikut Foto-foto produk RJR craft Talaga Raya :



























Posting Komentar

0 Komentar