Tanjungnya Mirip Buaya, Pantai Kakaumele Jadi Destinasi Wisata Unggulan Baru di Buteng

 

Tanjung Buaya. Foto : Al Fahrul

BUTONISLANDTRAVELLING.COM, BUTON TENGAH - Satu lagi potensi wisata alam Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang saat ini tengah hangat di perbincangan di daerah berjuluk 'negeri seribu gua' itu. Namanya 'Tanjung Buaya', terletak di Desa Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim). 

Oleh masyarakat lokal, dulunya kawasan ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Kaume'umele, karena di dekat pantai itu terdapat anakan sungai yang mengalir di pantai tersebut. 

Belakangan, destinasi wisata yang baru dipoles ini disebut 'Tanjung Buaya' karena adanya batu besar berbentuk menyerupa buaya yang sedang menanti mangsa (makanan) dari anak sungai yang mengalir ke tanjung tersebut. 
Tanjung Buaya : Foto : Amrin Lamena


Di sekitar batu yang menyerupai buaya itu, menjolor tebing-tebing indah melengkung di pinggir pantai. Sementara, di pinggir sungai yang bertaut dengan air laut membentuk bibir pantai dengan hamparan pasir putihnya yang halus. 

Melalui APBD provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2020, saat ini 'Tanjung Buaya' suda mulai dipoles dengan dibuatkan jalan setapak keliling mengikuti arus pohon yang tumbuh di kawasan pantai. Di beberapa titik juga yang memiliki view yang indah dibangunkan fasilitas berupa gazabo untuk bersantai sembari menikmati angin sepoi-sepoi di pantai itu.
Pantai Kakaumele Tanjung Buaya. Foto : Amrin Lamena


Sekalipun terbilang fasilitas di pantai itu masi kurang memadai, namun saat ini 'Tanjung Buaya' setiap pekannya mulai dipadati pengunjung, baik lokal maupun dari luar Kabupaten Buton Tengah. 

Kabarnya lagi, oleh pemerintah setempat, 'Tanjung Buaya' ini bakal dipersiapkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan baru di daerah berjuluk 'negeri seribu gua' itu. Tanjung Buaya masi akan terus dipoles dengan berbagai fasilitas dan wahana, seperti resto apung, home stay mini, kolam renang, jembatan gantung yang akan menghubungkan dua tanjung di pantai itu, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. 

Oh, iya. Pantai Kaume'umele Tanjung Buaya ini, pada tanggal 28 Januari 2021 mendatang akan menjadi tempat yang sakral bagi 16 Kepala Desa terpilih di Buton Tengah hasil pemilihan serentak 20 Desember 2020 lalu. 

Pasalnya, jika tak ada arang melintang, Tanjung Buaya akan menjadi pusat lokasi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 16 kepala Desa terpilih tersebut yang akan langsung di pandu sendiri oleh Bupati Buteng H. Samahuddin.

Bagaimana? penasaran akan keramayan dan kemeriahan pelantikan para 16 kepala Desa tersebut? Yuk, sisipkan jadwal Anda untuk berkunjung di Tanjung Buaya.

Posting Komentar

0 Komentar