Unik, Gua Liangkabori di Muna Menyimpan Cerita Kehidupan Manusia

Gua Liangkabori Muna. Sumber : Facebook Sahrul Husu

ButonIslanTravelling.Com - Muna adalah salah satu daerah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Sebagai daerah kepulauan, Kabupaten Muna memiliki banyak destinasi wisata yang menyimpan keindahan alamnya. Salah satu tempat yang menjadi objek wisata favorit di daerah ini adalah salah satuanya Liangkabori.

Liangkabori adalah salah satu gua yang terletak di Desa Liangkabori, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna. Menjadi salah satu gua yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Pasalnya sebagaimana namanya Liangkabori yang berarti gua bertulisan. Gua ini memiliki banyak lukisan yang menghiasi dinding-dindang gua.

Tulisan-tulisan dalam Gua Liangkabori ini diyakini menceritakan bagaimana awal kehidupan manusia di muka bumi. Karena peninggalan sejarah yang terdapat di dalamnya ini, Liangkabori oleh pemerintah setempat dikembangkan sebagai wisata alam pusat studi sejarah.

Lukisan di Gua Liangkabori Muna. Sumber : Facebook La Cmong'K

Karena hal  itu juga, Liangkabori ini sejak jaman penjajahan belanda yakni pada tahun 1930 suda dtetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Belanda kala itu.

Karena apa yang dimilikinya Liangkabori hingga saat ini telah dikenal oleh masyarakat luas, baik wisatan lokal maupun mancanegara. Para wisatawan ini pun memiliki beragam tujuan untuk berkunjung di destinasi yang satu ini, baik karena penasaran dengan tulisan-tulisan yang ada dalam gua tersebut ataupun untuk melakukan penelitian.

Selain keunikan tersebut, Liangkabori juga memiliki pemandangan yang menarik dipandang mata, karena sampai saat ini Liangkabori masi terpelihara kealamiannya. Sehingga ketika berkunjung disana, hijau pepohonan masi menghiasi dan tumbuh di sekitar mulut gua itu.

Pemandangan di Depan Mulit Gua Liangkabori Muna.  Sumber :  Facebook Maharudin Madi

Hanya saja, saat berkunjung kesana, anda perlu menyiapkan fisik sebaik mungkin, pasalnya akses jalan menuju gua bersejarah ini kondisinya belum terlalu memadai. Tapi tenang saja, jika anda berkunjung ke sana, kelelahan anda sepadan dengan apa yang akan anda dapatkan di destinasi yang satu ini. Belajar sambil berwisata, tentunya ini akan menjadi pengalaman yang berharga.

Sow,  Penasaran dengan Liangkabori? Segera sisipkan jadwal anda untuk menikmati dan menimbah pengetahuan di salah satu keajaiban di negeri Wuna tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar