Bone Labunta, Wisata Baru Buton Tengah Serupa di Serial Pirates Of The Caribben

Pesona Bone Labunta ( Pasir Timbul di Tengah Laut) Buton Tengah. Foto : dr. Naim 

Kabupaten Buton Tengah (Buteng) seperti kepingan surga di Sulawesi Tenggara yang menyimpan banyak keindahan yang tiada habisnya. Kian hari, destinasi wisata di Buton Tengah semakin menunjukan sisi indahnya yang tersembunyi.

Jika anda pernah menonton atau penggemar film serial Pirates of The Caribben yang menampilkan pantai yang indah dan tebing tebing yang memukau. Dan jika Anda pernah ke Buton Tengah, kemungkinan anda akan sepakat kalau daerah ini merupakan Karibianya Provinsi Sulawesi Tenggara.

Daerah ini memiliki banyak pesona keindahan layaknya seperti dalam serial film tersebut. Jika Anda mencari pantai yang indah dan tebing-tebing yang memukau seperti tempat berlabunya kapal blackpearl, maka anda tidak akan kesulitan menemukannya di Buton Tengah.

Begitu juga jika anda mencari tempat pertarungan antara Kapten Jack (Orlando Bloom) dan Angelica (Keira Knightley), maka anda tinggal berkunjung di bungin-bungin (gundukan pasir yang menonjol di tengah lautan) yang banyak terdapat di daerah ini. Salah satunya adalah 'Bone Labunta', di Kecamatan Mawasangka.

Layaknya dalam film series Pirates of The Caribbian, sesuai namanya 'Bone Labunta' dalam bahasa setempat yang berarti pasir di tengah laut, sangatlah unik. Memiliki pasir putih yang halus membentang panjang dikelilingi air laut yang jernih, sehingga terumbu karang di sekitar pantai terlihat jelas dari permukaan laut.

Untuk mengunjungi destinasi yang satu ini, Anda perlu menggunakan perahu penyebrangan berupa jonson dengan mesin tempel yang bisa anda sewah pada masyarakat sekitar. Aksesnya pun terbilang dekat, dari pusat kecamatan Mawasangka hanya membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit untuk sampai ke lokasi ini.

Keindahan Bone Labunta (Pasir Timbul di Tengah laut) dari atas. Foto : dr. Naim

Selain itu, Bone Labunta masi tergolong destinasi wisata baru di Buton Tengah yang belum lama dikenal oleh dunia luar, sehingga kealamiannya pun masi terjaga. Pasir putih dan birunya air laut yang membentang, akan membuat setiap pengunjungnya takjub dan betah untuk berlama-lama.

Ketika berada di destinasi yang satu ini. Yakinlah, anda akan dibuat serupa kembali kemasa kecil. Anda akan dibuat tidak berhenti berlari di atas gundukan halus pasir putihnya, membuat istanah pasir atau menceburkan diri untuk merasakan kejernihan air lautnya.

Hal itu pun jika Anda lakukan disana bersama keluarga atau kawan anda, tidak akan membuat anda terlihat konyol oleh orang lain. Layaknya milik pribadi, tidak ada seorang pun di pantai itu, jauh dari pemukiman dan keributan, sehingga anda akan benar-benar tenang dan puas menikmati liburan Anda.

Tapi, suasana kesendirian berkunjung saat hari-hari libur, kemungkinan kedepannya di destinasi yang satu ini suda tidak akan anda dapatkan. Soalnya, Bone Labunta saat ini suda menjadi salah satu destinasi favorit di Buton Tengah yang mulai mendapat perhatian para traveler.

Untuk para traveler yang ingin bersantai di pulau pasir di tengah laut ini, sebaiknya bawalah peralatan camping, tenda, matras/karpet, serta persediaan makanan atau snack jika Anda ingin menghabiskan waktu beberapa jam disana.

Bone Labunta sangat rekomendet untuk menjadi list destinasi wisata kamu jika berkunjung ke Buton Tengah. Semoga para sahabat traveler dapat berkunjung ke Bone Labunta dan merasakan keasriannya.

Oh. Iya, ngomong-ngomong soal film Pirates of The Caribben. Dan anda juga mencari mata air keabadian yang diincar oleh Kapten Jack dan Kapten Barbosa, maka anda tidak salah untuk datang di 'Negeri Seribu Gua' ini. Buton Tengah terdapat banyak gua yang memiliki kolam keabadian.

Selamat berwisata, salam literasi, salam lestari. 

Posting Komentar

0 Komentar