25 Tips Saat Berwisata Yang Jarang Dibicarakan Wisatawan di Media Sosial

Ilustrasi Liburan Menyenangkan. Sumber ; Finansialkucom

BUTONISLANDTRAVELLING.COM
- Pasti kita akan merasa senang saat akan jalan-jalan, apa lagi saat semua barang bawaan suda siap, rute perjalanan suda terencana, dan liburan yang anda harapkan pastinya berkesan.Nah untuk memastikan agar liburan atau perjalanan wisata sahabat travelling berkesan sebagaimana yang diharapkan, maka penting sahabat mencek daftar kiat-kiat atau trik untuk wisatawan agar perjalanan anda benar-benar nyaman dan berkesan. Apa kamu belum punya?

Tenang, Buton Island Travelling akan berbagi dengan para sahabat travelling 25 tips saat berwisata yang jarang dibicarakan wisaatan di media sosial. Apa saja? Ini dia kami rangkumkan untuk para sahabat Trevelling.

Pertama, sahabat bisa mengikat ikat pinggang, syal, atau selimutmu di bawah meja lipat dan menjadikannya gantungan kaki, tentunya ini akan membuatmu lebih rileks dan nyaman selama perjalanan baik via penerbangan atau selama di kereta api atau bus.

Yang kedua, kamu bisa membeli matras angin khusus yang bisa dijadikan kasur untuk anak-anak, ini bagi yang suda punya anak ya. Ini akan sangat membantu jika bayimu tidak suka penerbangan dan rewel.

Untuk anda yang menempu penerbangan pesawat baiknya jangan membawa kopi ke kabin, di ketinggian kelembapan udara serupa gurun disaat panas, tubuh cepat mengalami dehidrasi. Dalam kondisi seperti itu kopi mempercepat prosesnya. Akan lebih baik sahabat membeli sebotol air mineral di bandara saat sebelum migrasi atau saat suda di pesawat. Pililah air botolan, karena air yang meraka tuangkan ke teh misalnya bisa jadi tidak terlalu bersih.

Saat berada di pesawat terbang kamu juga disarankan memakan makanan asin sebelum penerbangan, kerupuk atau keripik juga boleh. Kenapa ini mesti anda lakukan? Karena garam mampu menahan cairan di dalam tibuhmu dan itulah yang anda butuhkan saat berada di tempat yang kering seperti pesawat.

Selain itu, Anda suka mual saat bepergian, sebaiknya bawalah sebotol kecil minyak peter min dan hirup kalau anda merasa tidak enak badan. Karena minyak esensial meredahkan mual atau sakit. Jika maskapai melarang membawa cairan bahkan sekeil itu, maka teteskan minyak itu pada saputangan Anda.

Selanjutnya, jika kamu melakukan perjalanan singkat dan suka membawa parfum dari rumah, tapi maskapai tidak mengizinkan Anda untuk membawah parfum di kabin, maka rendamlah tisu dengan parfum anda dan masukan kesaku bagian dalam. Semakin lama parfum menempel pada kain maka akan semakin kuat pula aroma pada parfum yang dikeluarkan.

Jika Anda terganggu dengan perubahan zona waktu dan susah tidur setelah penerbangan, sebaiknya Anda berolahrag terlebi dahulu sesaat sebelum keberangkatan. Pergila ke Jim atau lakukan lari maraton singkat. Ini akan membantumu tertidur lebih cepat setelah penerbangan.

Ilustrasi Liburan Menyenangkan bersama keluarga. Sumber : Kompascom
Tips yang ini untuk Anda yang hawatir barang bawaan Anda basah atau lembab. Anda tidak perlu lagi repot-repot membungkus kopermu dengan plastik agar tahan air. Anda cukup ambil lilin dan gosokan ke seluruh kopermu. Lilin tidak hanya menghalau air tapi juga dapat menghalau kotoran. Atau Anda juga bisa memasangkan kopermu dengan kaos dan gangganya tetap bisa dikelurkan lewat kerak baju, jangan lupa buat sedikit sobekan untuk pegangan samping koper Anda.

Meski jarang, kehilangan koper bisa saja terjadi, untuk jaga-jaga jika itu terjadi dan Anda ingin agar pencariannya lebih mudah, maka foto koper Anda sebelum penerbangan dan tunjukan foto itu pada staf bandara. Ada juga cara yang lebih efektif dan efisien, hanya saja lumayan mahal. Anda bisa membeli pelacak GPS khusus meletakannya di dalam koper dan itu akan aktif sampai enam hari. Gunakan ponsel anda untuk menemukan kopermu. Sebelum pergi ke luar negeri tuliskan nomor konsulat dan juga nomor dan alamat hotel anda akan menginap pada selembar kertas. Karena apapun bisa saja terjadi dalam perjalanan dan mungkin saja saat itu ponselmu tidak memiliki koneksi jaringan atau tiba-tiba rusak maka penting untuk membawa selalu kertas itu dan lapisi dengan selembar plastik untuk melindunginya.

Jika kamu suka tempat yang indah. Iya, yah siapa juga sih yang nggak suka dengan tempat yang indah. Tapi tidak suka dengan rombongan wisatawan yang ramai?Jika begitu, maka lebih baik untuk tidak mengikuti layanan wisata populer. Luangkan waktumu dan gunakan rute pejalan kaki di aplikasi peta ponsel Anda. Maka Anda akan menemukan pemandangan yang menabjubkan tanpa mesti terganggu dengan turis lain.

Saat Anda melakukan transit melalui negara lain, Anda bisa tetap disana selama beberapa jam hingga tiga hari. Misalnya Anda terbang ke Thailand melalui Srilangka, Anda bisa menginap di Kolombus selama beberapa hari. Kenapa tidak dimanfaatkan? Kerennya lagi perhentian itu tidak memengaruhi biaya tiket, Anda bisa mencari informasi tentang kemungkinan transit pada keterangan tarif. Selain itu, lebih baik memberi tahu maskapai lebih dulu kalau Anda ingin menginap sebentar di Negara transit, maskapai bisa membantumu mengurus visa untuk negera itu, bus dan hotel. Belila kartu turis di negara kunjungan, kartu ini akan membantu anda untuk menghemat uang untuk transportasi umum, museum dan tempat-tempat lainya. Dan jika kamu menyukai barang-barang gratis (siapa sih tidak?). Siapkan informasi tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi di negara itu secara gratis.

Ada juga hari kunjungan di seluruh museum di dunia. Anda juga bisa menghemat hingga 10% harga tiket apapun dengan membelinya secara online. Itu juga lebih cepat, jadi anda tidak mesti berlama-lama melakukan antrian di loket pembelian tiket yang bikin jenuh dan bosan. Anda tinggal unggah pindaian dokumenmu ke penyimpanan card. Ini akan sangat membantu jika passpord dan ponselmu hilang.

Ilustrasi Liburan. Sumber : Tribunewscom

Penduduk lokal di beberapa negara asing mungkin menganggapmu wisatawan kaya, beragam orang akan memintamu membeli dagangannya, pelajari kalimat ini "Ini kunjungan kerja saya" dalam bahasa negera itu dan mereka akan meninggalkanmu.

Saat liburan dan kamu membutuhkan mobil, maka pastinya salah satu alternatifnya adalah menyewa mobi. Nah, jika Anda menyewah mobil jangan lupa terlebi dahulu untuk memeriksannya dan memotret semua goresan dan lekukaknya. Sebaiknya lakukan transaksi dan penandatangan kesepakatan terlebi dahulu dengan pemilik mobil atau motor yang ingin anda sewah agar tidak terjadi kesalapahaman kedepannya.

Jika kamu lebi suka membeli makanan di super market, sebaiknya lakukan 2 jam sebelum tutup. Karena negara seperti Amerika Serikat, Thailand,  Hong Kong dan negara-negara lain, harga yang tidak tahan lama bisa turun sampai 50% saat toko-toko akan tutup. Kondisinya juga tidak buruk kok, toko-toko itu akan membuangnya setelah tutup. Jadi mereka berusaha menjualnya sebanyak mungkin.

Internet di luar negeri sangatlah mahal dan menguras uang hanya untuk membuka peta sangalah mengesalkan. Tapi jangan hawatir, untungnya ada  peta offline, cukup unggah lebih  dulu tentang kota tujuanmu selebihnya seluruh caffe, museum, ulasan dan reting akan tersedia untuk Anda dalam model offline.

Untuk Anda yang suka hal-hal yang lebih privasi termasuk saat cek in di hotel, maka pililah kamar dengan enam tempat tidur. Kamar dengan sepuluh tempat tidur mungkin lebih murah, tapi mungkin Anda akan menghabiskan malam sendirian. Orang-orang yang ingin menghemat uang menyewah dengan kamar 10 tempat tidur, dan 6 tempat tidur adalah opsi cadangan yang jarang dipilih. Kamu bisa mendapatkan pengecas ponsel baru secara gratis jika kamu lupa atau kehilangan punya Anda. Beritahu resepsionis tentang masalah Anda, pengunjung hotel suka lupa dengan kabel dan pengecas mereka dan karyawan hotel menyimpan semuanya dalam sebuah kotak besar.

***
Nah itu dia tips dan trik yang jarang diketehui dan dianggap sepeleh namun sangatlah penting untuk Anda para sahabat travelling yang tengah bersiap-siap untuk melakukan perjalanan wisata di luar kota maupun di luar negeri. Semoga bermanfaat dan semoga liburannya semakin menyenangkan.   

Posting Komentar

0 Komentar