5 Gunung di Indonesia Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

BUTONISLADTRAVELLING.COM - Bisa berada dipuncak gunung bagi kebanyakan orang adalah hal yang mengasyikan, dan mungkin itu juga manjadi impian para sahabat travelling yang sebelumnya belum pernah mendaki gunung dan mau baru mau mencoba merasakan ketinggian.

Nah, untuk itu, pada kesempatan kali ini Buton Island Travelling akan mengulas 5 (Lima) gunung di Indonesia yang cocok bagi para sahabat pemula atau baru mau mencoba mendaki gunung.

Jadi gunung apa saja sih yang cocok untuk pemula? Sekalipun bahasa pemula ini bagisaya kurang cocok untuk digunakan, karena pada dasarnya, kita semua adalah pendaki pemula disetiap gunung yang baru kita akan kunjungi. Nah, kalau begitu asumsikan saja kalau ini gunung yang terbilang tantangan dan rintangannya tidak terlalu sulit bagi orang-orang yang suda sering mendaki.

Baiklah, ini dia lima gunung yang Buton Island Travelling rangkumkan untuk anda. Sebelumnya, perlu anda ketahui, bahwa lima gunung yang kami pilih ini secara subjektif berdasarkan penilaian kami, baik medan yang tidak terlalu sulit dan tentunya memiliki pemandangan yang cukup cantik. Gunung apa saja?

1. Gunung Ijen

Gunung Ijen. Sumber : Liputan6com
Menurut kami, gunung yang mudah di daki dengan pandangan yang sangat cantik adalah Gunung Ijen. Ini adalah satu dari blufayer alami di dunia.

Gunung Ijen ini terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bonowoso. Ketinggiannya sekitar 2.386 mdpl.

Tapi jangan hawatir dulu dengan ketinggiannya. Gunung Ijen memiliki jalur pendakian terbilang cukup mudah, selain itu juga jalurnya suda banyak campur tangan manusia, seperti pagar, tangga dan kalau anda mendaki disini pasti ketemu dengan banyak bule.

Tapi itu semua, tidak mengurangi nilai kecantikan kawah ijen ini. Apa lagi ketika anda telah sampai ketas dan harus turun kebawah, disini anda akan menyaksikan bluvayernya.

Hanya saja, buat para sahabat ketika mendaki digunung ijen, jangan lupa untuk memakai masker. Karena disana gas beracun yang dihasilkan bluvayer ini membaur di udara.

Setelah menikmati bluvayer, anda harus ke puncak lagi, dan pastinya anda akan takjub dengan sunrais di gunung ini. Ditambah lagi pemandanga kalderah atau kawah sangat mempesona. Ketika matahari belum terbit, maka yang terlihat adalah api biru dan setelah terbit kalderahnya akan nampak biru berkilau. Pokoknya sangat rekomended untuk anda.

2. Danau Gunung Tujuh.

Fajar di Danau Gunung 7. Sumber : NativeIndonesia.com

Yang kedua ini adalah Danau Gunung Tujuh, letaknya berdekatan dengan Gunung Kerinci si Provinsi Jambi, Sumatera.

Sebenarnya Danau Gunung Tujuh ini bukan benar-benar gunung, tapi dia adalah danau yang konon katanya tertinggi di Asia Tenggara.

Terlepas dari itu, Danau Gunung Tujuh menjadi lokasi yang wajib untuk anda yang baru mendaki. Treknya pun cukup menantang.

Oh, iya, yang sering dikejar para pendaki di danau gunung tujuh ini bukan puncak pendakiannya loh, karena setelah anda berada di puncaknya anda akan di bawah turun di danau gunung tujuh ini. Seruhnya lagi, danau ini dikelilingi tujuh gunung, dan pemandangan sangat cantik.

Disini, anda juga akan disugukan sunrise yang menyenangkan. Ketika berada di Danau ini, anda akan seperti berada di Ranukumolo. Pun disini juga masi sepih dan tentunya kealamiannya masi benar-benar terjaga.

3. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro. Sumber : Walter Pinem

Yang ketiga, ada Gunung Sindoro. Gunung ini terletak di Provinsi Jawah Tengah. Gunung ini juga letaknya masi berdekatan dengan Gunung Sumbing. Makanya Gunung ini juga sering disebut Gunung Sindoro Sumbing, ada juga yang menyebutnya Gunung Kembar.

Untuk jalur trek pendakian di Gunung Sindoro sendirilebih mudah ketimbang Gunung Sumbing. Sehingga Sindoro ini masi aman untuk anda yang masi baru melaksanakan pendakian.

Disindoro juga terdapat warung legendaris, di atasnya juga ada pos sandrais. Pos ini jadi tempat para pendaji bersewa foto, apa lagi saat pagi dengan begraound matahari terbit, pokoknya keceh bangat.

Sekalipun Gunung Sindoro ini memiliki ketinggian 3.150 mdpl, tapi treking untuk mendaki digunung ini anda akan memulai star di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, sehingga anda tidak akan terlalu kelelahan.

4. Gunung Kerenceng

Gunung Kerenceng. Sumber : RRSING.Com
Gunung Kerenceng merupakan salah satu gunung yang ada di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Sumedang.

Gunung Kerenceng sendiri tingginya mencapai 1.336 mdpl, nah karen ketinggiannya hanya segitu jalur pendakiannya pun masi terbilang panas. Tapi seruhnya di gunung ini mempunyai jalur setapak ketika mencapai puncaknya.

Di luar dari itu juga, pemandangan Gunung Kerenceng terbilang cukup keren, apa lagi saat turun kabut. Soh, untuk anda yang mau mencoba mendaki disana pastikan anda bermalam dijalur pendakian nanti waktu subuh barulah anda naik kepuncaknya. Dijamin deh, anda akan tergiur ketika berada disana.

Kerennya lagi di gunung kerenceng ini belum ada retribusinya, hanya disana ada teman-teman pecinta alam yang selalu menjaga gunung tersebut.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan. Sumber : Manusia Lembah
Gunung yang satu ini terletak di Jawa Barat. Gunung Papandayan termasuk salah satu gunung yang menyenangkan untuk didaki, pemandanganya sangat keren, baik dari jalur naik, maupun di jalur turun.

Ketinggian gunung papandayan sendiri sekitar 2.665 mdpl dari permukaan air laut. Hanya saja, saat mendaki digunung yang satu ini setiap pendaki tidak diperkenankan nanjak sampai ke puncaknya, katanya sih tidak boleh dilewatin karena di kawasan ini ada beberapa wilayah yang masuk sebagai daerah konservasi.

Salah satu yang paling di gemari di papandaya, para pendaki bisa berkemah dipadang safanah edeluiz. Saat mendaki di papandaya, yang mesti anda waspadai yakni Babi hutan, babi di gunung papandaya terbilang ganas-ganas, cos para sahabat harus cukup berhati-hati saat disana, terutama sisa makanan harus dibersikan dan digantung di atas pohon. Kalau tidak, bisa-bisa jadi sarang amukan si babi.

Tidak seperti gunung kebanyakan di Indonesia, gunung papandayan memiliki retribusi yang cukup tinggi. Sekalipun begitu, Papandayan menjadi gunung yang kami rekomendasikan untuk wajib anda kunjungi.

Nah, itu dia lima gunung yang kami rekomendasikan untuk anda yang baru ingin mencoba mendaki. Selamat mencoba dan semoga sesuai harapan dan keinginan para sahabat travelling. 

Posting Komentar

0 Komentar