10 Aktivitaas Seru Yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Locdown


Bicara soal liburan pasti semua orang suka dan menantikan waktu yang satu ini. Saat liburan kita bebas dari semua aktivitas rutin yang biasa kita lakukan. Umumnya liburan diisi dengan travelling dan jalan-jala keluar daerah. Sayangnya hal itu tidak bisa Anda lakukan, karena liburan kali ini tak seperti liburan biasanya, melainkan kita hanya bisa di rumah dan mengurangi aktivitas luar rumah.

Tetapi buat kamu yang lagi di rumah bersama keluarga untuk jalani social distancing atau locdown, dan tidak bisa jalan-jalan, tak usah bersedih. Anda bisa lewati masa-masa ini dengan di rumah saja. Berada di rumah tak kalah asyik kok dan tentunya masi bisa seru-seruan juga.

Ingin tahu kegiatan asyik yang bisa Anda lakukan di rumah selama locdown? Ayo Coba 10 aktivitas ini di Rumah selama Social Distancing.

Memasak Bersama

Memasak Bersama. Sumber : sumberayu.id
Di rumah saja, membosankan dong? Enggak juga lah. Karena ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di rumah. Sedang libur, mengapa Anda tak memasak bersama orang tersayang?

Memasak bersama bisa menjadi hak  yang paling menyenangkan karena Anda bisa berkreasri sesukati hati. Anda bisa browsing aneka resep masakan di internet. Mau bikin kue atau masakan utama, Anda tinggal browsing yang Anda mau.

Anda juga bisa memasak bareng untuk dinikmati sesudahnya. Pasti seru mengajak satu keluarga memasak bersama. Atau bisa juga membuat lomba memasak antara Anda dan orang tersayang. Siapkan juga hadiah dan hukuman unntuk yang menang dan yang kalah. Tetap di rumah akan seruh banget dengan memasak bersama.

Membaca

Membaca : seuramoeaceh.com

Bagi siku buku, tetap di rumah saja bukan hal yang membosankan. Hal ini karena dengan membaca buku, kita bisa mengembangkan imajinasi dan bisa berasa seakan sedang berpergian jauh ke tempat di mana cerita dalam buku tersebut berada. Membaca bisa jadi membuat kita produktif dan tak terasa waktu berlalu dengan cepat. Tidak percaya? Selakan akan Anda coba, pasti Anda akan merasakan sensasinya!

Buku memag jendela dunia yang kaya manfaat. Kita bisa menambah pengetahuan dan juga mengasah kemampuan imajinasi. Untuk itu kamu bisa mempersiapkan setumpuk buku atau membuka kembali rak-rak buku Anda dan mencari-cari buka yang belum sempat Anda baca. Ini pasti ayik banget, karena kamu seharian bisa bersantai sambil membaca buku favorit Anda.

Melakukan Hobi

Melakukan Hobi, salah satunya memancing bersama keluarga. Sumber : popular-word.com

Tetap di rumah adalah waktu yang paling pas untuk melakukan hobi. Ya, memang kadang kesibukan membuat kita tak sempat melakukannya. Tak jarang lama sekali kita suda meninggalkan hobi yang biasa kita lakukan tersebut karena waktu luang yang sudah tidak ada.

Di saat social ditancing seperti saat ini, coba deh kamu tekuni lagi hobi kamu. Menekuni hobi bisa menyegarkan pikiran. Dengan begitu, saat badai ini berlalu dan harus kembali bekerja kamu akan fresh dan ide segar kembali bermunculan.

Yang hobi memancing, segera ajak rekan Anda untuk berangkat memancing. Yang hobi berkebun bisa memanfaatkan momen ini untuk merawat tanaman di halaman rumah yang suda lama tak terurus.

Mendekor Ulang Bagian Rumah

Mendekor ulang rumah. Sumber : duniakaryawan.com

Masa Social distancing tentunya bukan waktu yang tepat  untuk berpergian meski saat ini Anda bersama keluarga lagi libur. Tapi bukan berarti Anda hanya bermalas-malasan di rumah dong. Yuk, jangan sia-siakan, Anda bisa melakuka banyak hal positif yang bermanfaat untuk keluarga meski tetap di rumah.

Salah satunya adalah mendekor ulang rumah Anda. Hal ini memang tidak ada habisnya jika ide terus bermunculan. Anda bisa ajak kelurga untuk menata ulang ruangan atau menyusun kembali aneka perabot rumah.

Dengan mendekor ulang bagian rumah, maka hunian Anda akan tampak segar dan baru. Anda dan keluarga juga jadi lebih kerasan tinggal di dalamnya.

Bersih-bersih

Bersih-bersih rumah bersama anggota keluarga. Sumber : esn-stan.com

Di momen-momen hari biasa, jujur saja beberapa diantar kita memang sangat malas membersihkan rumah. Bisa jadi karena memang terlalu lelah dengan segala kesibukan pekerjaan terkadang membersihkan rumah hanya dilakukan sekenanya dan ala kadarnya. Padahal kebersihan rumah sangat penting untuk tetap di jaga demi kesehatan keluarga.

Di momen libur social distancing seperti saat ini, Anda bisa jadwalkan untuk beres-beres rumah. Lakukan pembersihan secarah menyeluruh, hitung-hitung sekalian pembersihan dari virus. Sudut-sudut rumah yang biasa terlewatkan sebaiknya Anda bersihkan sebelum muncul sarang laba-laba. Ajak seluruh anggota keluarga bersih-bersih bersama supaya lebih bersemangat dan seruh. Dan pastinya segala hal yang dilakukan bersama meski berat pasti akan terasah ringan.

Berkemah di Halaman Rumah

 
Berkemah di halaman rumah. Sumber : gitacinta.com
Beerdiam diri di rumah memang menjadi hal membosankan. Tapi tenang saja di masa-masa lowcdon ini buat saja kegiatan seru di dalam rumah. Jika Anda memiliki halaman luas, tak ada salahnya mengadakan kemping kecil-kecilan di halaman rumah dengan anggota keluarga yang terkasih.

Pastinya kegiatan ini aka seru banget untuk dilakukan. Anda bersama-sama mendirikan tenda, mempersiapkan peralatan kemah hingga perlatan untuk memasak seolah sedang berkemah di alam terbuka betulan. Anda juga bisa melakukan barberkyu bersama anggota keluarga. Buat juga api unggun kecil agar suasana makin meriah seperti halnya berkemah di alam bebas.

Membuat Kerajinan Tangan

Salah satu kerajinan tangan dekorasi meja dari botol bekas. Sumber : ragamkerajinantangan.blogspot.com

Tetap di rumah, bukan berarti tak asyik dan tak produktif. Momen ini bisa menjadi waktu yang asyik untuk melakukan banyak hal. Salah satunya, Anda bisa membuat aneka keterampilan. Anda bisa membuat sesuatu yang menarik dari segala hal yang ada di sekitar Anda. Tak perlu menggunakan bahan baru, Anda bisa memanfaatkan barang bekas yang suda tidak terpakai lagi untuk diolah kembali menjadi barag baru yang bernilai.

Membuat kerajinan baiknya dilakukan bersama keluarga, terlebih sang buah hati. Buatlah sesutu yang seunik mungkin, misalya saja tempat pensil dari kertas bekas yang suda tidak terpakai atau bingkai foto dari stik es krim. Bisa juga bunga hia dari sedotan.

Membuat kerajinan tangan selama locdown bisa mengasah imajinasi dan juga kreativitas Anda bersama keluarga. Apalagi jika kerajinan tersebut memanfaatkan barang bekas, hitung-hitung Anda sekalian juga menjaga lingkungan.

Olahraga Bersama Keluarga

olehraga berspeda bersama keluarga. Sumber : Combiphar.com
Meski tetap di rumah saja. Banyak hal kegiatan positif yang bisa Anda lakukan bersama. Misalnya saja Anda bisa merencanakan untuk berolahraga bersama anggota keluarga kecil Anda.
Bagun pagi dan lakukan joging  bersama keluarga. Selain menyenangkan hal ini juga pastinya menyehatkan, hitung-hitung menjaga daya imunitas Anda bersama keluarga.

Selain jogging, untuk Anda yang memiliki sepeda, Anda bisa memilih bersepedah bersama keluarga. Tak perlu jauh-jauh cukup keliling kompleks saja pasti suda sangat menyenangkan. Jika Ada taman atau pantai di dekat rumah Anda bisa mengunjunginya. Tetapi pastikan Anda tetap menjaga jarak dari kerumunan orang. Menghabiskan waktu di rumah dengan berolahraga bersama keluarga pastinya akan seru dan menyenangkan.

Lomba Melukis

Melukis : Sumber : goldenstartclub.com
Bukan lomba sungguhan, alternatif ini bisa menjadi pilihan Anda bersama keluarga saat di rumah. Ajak keluarga di rumah melukis, Supaya lebih seru, buat lomba kecil-kecilan, seperti lukisan siapa yang paling bagus. Ini juga akan membuat imajinasi dan daya kreasi buah hati Anda tetap terlatih meski sedang di liburkan di sekolah.

Luangkan Waktu Belajar

Belajar. Sumber : annieland.id
Di sela locdown ini, cobalah meluangkan waktu untuk mempelajari kembali apa yang suda Anda dapatkan sebelumnya. Terlebih lagi jika Anda merupakan siswa SMP dan SMA, sekalipun lagi diliburkan dari sekolah, kegiatan belajar tetap mesti berjalan di rumah. Belahar bisa membantu untuk makin memahami materi pelajaran berikutnya. Jadi ketika keadaan suda kembali normal, dan masuk sekolah seperti semula suda benar-benar siap merimahnya.

Jadi, sekalipun tetap di rumah untuk menghindari penyebaran virus corona atau Covid-19, tak selamanya membosankan. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di rumah, bahkan lebih bermanfaat. Baiduwe tetap di rumah saja, ini bukan liburan yang dimana Anda bisa kemana saja.

Posting Komentar

0 Komentar