Pesta Adat "Matogalampa" Rongi Bakal Meriahkan Akhir Bulan Februari

Pesta Adat Masyarakat Rongi. 
Info Event - Desa Sandang Pangan (Rongi) adalah salah satu desa di Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang masi memegang tegu budaya tradisi leluhurnya, dimana setiap tahunya masyarakat adat Rongi menggelar pesta kampung  "Matogalampa" yang berarti makan-makan di baruga.



Ma'ata'a Galampa sendiri dilakukan setiap tahun saat masa panen kebun tiba, sebagai bentuk rasa syukur warga Rongi kepada sang pencinta dengan menggelar makan-makan dengan mengundang seluruh kerabat dari luar desa dan masyarakat umum.

Untuk tahun ini pesta kampung Ma'ata'a Galampa akan digelar akhir bulan Februari ini. Tak hanya makan-makan, setiap pengunjung yang menghadiri pesta kampung di Desa Sandang Pangan (Rongi) juga bakal disuguhkan berbagai ritual adat dan atraksi hiburan dari masyarakat adat Rongi yang bakal menamba keseruan setiap pengunjungnya.

Menariknya lagi, pesta adat masyarakat Rongi kali ini, kabarnya akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini pelajar dan mahasiswa Rongi bakal terlibat penuh dalam ivent ini, yang tentunya akan menjadikan giat tahunan itu lebih meriah dan kreatif.

Oleh para pelajara dan mahasiswa ini, akan mengkolaborasikan pesta adat dengan beberapa pertandingan cabang olahraga dan kesenian, seperti tournament futsal Matogalampa Cup untuk umum, Lomba Adzan untuk tingkat SD, SMP dan SMA, Bola Gotong untuk umum, dan satu lagi, lomba Tari Padenda yang dibuka untuk umum. Wah, seru bukan?
Kopi Rongi Expo

Ets, satu lagi nih yang tak kalah menariknya, pesta adat yang mengangkat tema “Meningkatkan Semangat Generasi Muda Menjadi Pewaris Nilai Kebudayaan” ini juga, setiap pengunjung berkesempatan menikmati kopi khas Rongi yang disediakan panitia. Selain itu, Anda juga akan mendapat edukasi tentang cara  penanaman, pengolahan, penyeduhan sampai dengan penyajian kopi yang baik.

Tak berlebihan, mayoritas masyarakat Rongi sejak lama dikenal sebagai petani kopi hingga sekarang dimana jenis kopi yang dihasilkan adalah Robuska yang saat ini telah beredar dan menjadi salah satu komoditas favorit dari pecinta kopi di Pulau Buton.

Nah, untuk itulah Hipermar melaksanakan Kopi Rongi Expo yang tentunya menjadi hal baru dalam pesta adat Rongi yang salah satu tujuannya adalah memperkenalkan kopi khas Rongi pada khalayak umum khususnya lagi para pecinta kopi.

Melalui kegiatan ini, sinergitas antara masyarakat, pemerintah desa, kecamatan, kabupaten dan seluruh komponen lainnya yang mendukung pengelolaan resources yang berdampak pada kesejahteraan, tentunya juga akan menjadi sajian yang harmonis dalam pesta adat kali ini, yang menggambarkan kehangatan kehidupan di desa. 

Penasaran bagaimana keseruan pesta adat Rongi tahun ini? Nah jangan mau ketinnggalan untuk hadir dan menyaksikan sendiri keseruannya.

Posting Komentar

0 Komentar