Masjid Agung Natuna, Wisata Religi Taj Mahalnya Indonesia

Masjid Agung Natuna, Taj Mahalnya Indonesia. Sumber : masjid.asia

Wisata Religi Masjid Agung Natuna - Siapa yang tidak kenal Taj  Mahal di India yang merupakan salah satu monumen keajaiban dunia. Ternyata di Indonesia juga ada Taj  Mahal yakni Masjid Agung yang berada di Kepulauan Natuna. Masjid ini merupakan masjid termegah  dan terbesar di Provinsi  Kepulauan Riau. Sejak selesai di bangun pada tahun 2009, masjid itu pun menjadi ikon wisata religi di Kepulauan Natuna. Jika dilihat dari depan, Masjid Agung Natuna ini tampak mirip dengan Taj Mahal di India, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Indonesia.

Tak heran, kenapa Masjid Agung Natuna itu mirip Taj Mahal, ternyata masjid itu mengambil desain Taj Mahal. Tak hanya taj mahal,  masjid ini dipadukan juga dengan desain Masjid Kordoba, Masjid Nabawi, ditamba ukiran ala Turki. Tak ayal, nuansa timur tengah sangat terasa ketika berada di dalam masjid itu.

Desain dari dalam masjid agung natuna ini juga di desain dengan satu kuba besar yang dikelilingi oleh enam kubah kecil lainya, yang menandakan enam rukun iman umat islam yakni, yakin dan percaya kepada Allah SWT., kepada malaikat, kepada kitab suci Al-Qur'an, kepada para Nabi dan Rasul, kepada Qadha dan Qadar, dan yakin dan percaya adanya hari kiamat.
Masjid Agung Natuna. Taj Mahalnya Indonesia. Sumber : goodnewsfromindonesia.id
Masjid ini juga memiliki dua lantai, dimana lantai pertama dipakai untuk jama'ah laki-laki sedangkan wanita di lantai dua. Lantaran luasnya, masjid ini dalam satu shaf bisa memuat 180 orang jama'ah. Wah, kebayang kan luasnya seperti apa masjid yang berada di Kepulauan Natuna itu.

Masjid Agung Natuna dibangun di atas lahan seluas lebih dari satu hektar, masjid itu juga merupakan bagian dari kompleks gerbang utaraku, yakni sebuah kawasan di Kota Ranai yang dipersiapkan sebagai pusat pemerintahan dan bisnis.

Dengan bangunan yang megah dan halaman yang luas, masjid agung natuna diperkirakan dapat menampung hingga 10 ribuh jama'ah. Majid Agung Natuta juga memiliki beduk berukuran besar dengan proses pembuatan yang cukup lama. Kabarnya, beduk itu dibuat dari kayu asli bumeran yang diambil langsung dari hutan, untuk membawa kayu itu hingga berada di masjid memakan waktu hingga 8 bulan. Wajar saja beduk itu memiliki ukuran yang sangat besar, panjangnya hingga 5 meter dengan tinggi 1,8 meter.
Masjid Agung Natuna tampak depan halaman. Sumber : keprinews.co.id 
Di luar masjid, ada empat menara yang tingginnya mencapai hingga 17 meter. Dan 17 merupakan juga jumlah rakaat sholat dalam sehari semalam.     

Selain masjid agung natuna, di kawasan ini tak jauh dari lokasi masjid, juga terdapat geopark natuta yang menjadi salah satu spot wisata yang memadukan fenomena alam dengan unsur keislaman. Sebuah taman batuan granit yang terletak di Desa Setompang, Kecamatan Bunguran Timur.

Oleh masyarakat setempat, tempat itu disebut Alif Stone Park karena ada batuan yang berdiri tegak dan membentuk huruf hijayah yaitu alif. Batuan granit di alif stone park itu diperkirakan berusia hingga 71 juta tahun atau berasal dari zaman megalitikum. Pada tahun 2008, pihak pengelola membangun beberapa jembatan yang menjadi penghubung antar batuan agar mempermudah pengunjung saat berkeliling ke alif stone park itu.
Kawasan Alif Stone Park Natuna. Sumber : Liputan6.com 
Sekitar 141 - 66 juta tahun yang lalu terjadi tumbukan antara lempeng Samudra Hindia dengan Benua Asia Eropa, kemuda tumbukan itu menyebabkan proses magmatisme dan membentuk dapur magma yang kedalamannya bisa mencapai 100 km yang terbentuk karena adanya panas akibat adanya tekanan dari bawah perut bumi. Jadi ketika temperaturnya menurun magma itu membeku dan membentuk bongkohan raksasa ganit yang muncul kepermukaan dan tersebar di alif stone park ini. Masyarakat setempat juga meyakini ada salah satu batu yang bertuliskan Allah dalam bahasa Arab.

Nah, itu dia Taj Mahalnya Indonesia dan cerita Alif Stone Park yang berada di Kepulauan Natuna, Provinsi Riau. Anda tertarik? Manfaatkan liburan Anda untuk berkunjung di Taj Mahalnnya Indonesa dan jejak karya tuhan berupa taman batuan ganit Alif Stone Park. 

Penulis : Admin, butonislandtravelling.com
Sumber : Geopark Indonesia (iNews Magazine) youtube chanel

Posting Komentar

0 Komentar