Kampung Warna Warni, Pelangi di Laut Desa Bajo Bahari Buton Yang Indah


Kampung Pelangi - Mungkin bagi Anda yang hobi traveler suda sering mendengar dan menjumpai kampung pelangi. Layaknya kampung pelangi Malang dan kampung pelangi semarang, di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) juga terdapat kampung pelangi atau kampung warna warni.
Sunrise di Kampung Pelangi Desa Bajo Bahari Foto : Habirun

Kampung pelangi atau kampung warna warni di kabupaten Buton ini terletak di Desa Bajo Bahari, Kecamatan Wabula. Uniknya, kampung pelangi di Desa Bajo Bahari ini terletak di atas laut sehingga suasananya begitu indah dan sejuk. Dan jika dilihat dari ketinggian di atas jalan menuju kampung pelangi itu, dari kejauhanan, kampung itu terlihat seperti pelangi yang sedang mekar berwarna warni di atas permukaan air laut yang indah.

Sebelum hadirnya kampung pelangi ini, seperti halnya pada masyarakat suku Bajo kebanyakan yang menetap di atas laut. Kampung ini awalnya hanya sebuah pemukiman biasa bagi suku bajo dan bahkan terisolir karena tidak adanya akses jalan penghubung kedaratan Pulau Buton, sehingga bagi warga setempat yang memiliki keperluan di daratan, mereka harus mendayung sampan terlabih dahulu untuk kedaratan.

Desa Bajo Bahari ini juga sebelumnya merupakan desa yang memiliki angka buta aksara tertinggi di Kabupaten Buton. Setelah kehadiran Babinkamtimas Kapolres Buton dan Koramil Pasarwajo dengan membawa program rumah baca akhirnya angka buta aksara di kampung ini mengalami penurunan secara signifikan.

Wisatawan saat berpose di Kampung Pelangi Desa Bajo Bahari. Foto : Istimwema

Tak  hanya itu, kampung pelangi di Desa Bajo Bahari, Kabupaten Buton itu malah mendapat perhatiann dari berbagai lembaga termasuk Pemkab Buton sendiri. Hingga akhirnya pada tahun 2018, Pemkab Buton menjadikan kampung yang berada di  atas air laut Desa Bajo Bahari ini di cat warna warni hingga pemukiman ini menjadi sebuah kampung pelangi yang indah dan banyak dikenal oleh kalangan traveler.

Sejak dijadikanna Desa Bajo Bahari sebagai kampung pelangi atau kampung warna warni, setiap harinnya kampung ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun di laur daerah Kabupaten Buton, bahkan wisatawan manca negara pernah berkunjung di kampung pelangi ini.

Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik yang dimiliki kampung warna warni di Desa Bajo Bahari ini yang bisa dinikmati para wisatawan ketika berkunjung disana. Bukan hanya saja cat warna warni yang indah, tetapi letak kampungnya yang berada di atas laut menyugukan wisatawan dengan pemandangan yang indah dan sejuk serta air lautnya  yang jernih, biru klitoris memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung kesana dan betah untuk berlama-lama.

kampung Pelangi Desa Bajo Bahari Buton.  Foto : Rustam Awat

Tak hanya itu, saat pagi, jika cuaca tak lagi mendung, wisatawan akan dimajakan sunrise yang indah dan menawan dengan kemilauan warnahnya yang kuning keemasan. Dan akan lebih seru lagi jika momen ini Anda nikmati di jembatan kayu yang menjadi penghubung di kampung pelangi ini yang menjulur ke lautan lepas.

Selain itu, masyarakat di kampung pelangi ini juga sangat bersahat. Mereka selalu menyambut para wisatawan dengan ramah, dan aktivitas masyarakat di kampung pelangi ini akan menghibur setiap wisatawan yang selama ini  jenuh dengan pemandangan dan aktivitas di perkotaan.

Untuk sampai di kampung warna warni Desa Bajo Bahari ini, dari Kota Baubau Anda bisa mengambil jalur jalan menuju Pasarwajo ibu Kota Kabupaten Buton menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum dengan jarak tempuh 59 km dengan waktu tempu sekitar 1 jam lebih.

Penasaran dengan kampung pelangi atau kampung warna warni di Desa Bajo Bahari Kabupaten Buton? Tunggu apa lagi, sahabat traveling kapanpun Anda bisa kunjungi dan menikmati sensasi kampung pelangi ala Kabupaten Buton. Sebaiknya Anda bermalam disana agar Anda benar-benar tidak  melewatkan setiap momen peting di kampung pelangi ini.

Posting Komentar

0 Komentar