Eksplor Wisata Baubau Yang Lagi Hits


Kota Baubau adalah salah satu kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kota yang terletak di Pulau Buton ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang unik-unik dan keren yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.  Destinasi wisata di kota pemilik benteng terluas di dunia ini selalu terlihat ramai dikunjungi para wisatawan di hari-hari libur. Salah satunya destinasi wisata Batu Sori.

Wisatawan di Batu Sori. Foto : Amrin Lamena
Batu Sori merupakan salah destinasi wisata yang masih tergolong baru dan lagi trend di kalangan wisatawan di Kota Baubau dan sekitarnya. Destinasi wisata yang terletak di Kelurahan Palabusa, Kecamatan Lea-lea ini baru saja rampung dikembangkan melalu anggaran daerah tahun 2019.

Lokasi ini terletak diantara Pulau Muna dan Pulau Buton. Di tengah kedua pulau besar tersebut terdapat sebuah anak pulau. Dengan menggunakan anggaran daerah tahun 2019, pemerintah Kota Baubau membangun jembatan wisata sebagai akses menuju pulau itu. Lokasi tersebut kini menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Kota Baubau dan sekitarnya.

Untuk mencapai lokasi ini, dibutuhkan waktu tempuh selama 30 menit dari pusat Kota Baubau. Destinasi ini menawarkan pemandangan laut yang berwarna biru bersih yang cukup indah. Saat berada disana, kita akan melihat aktifitas kapal Pelni dan kapal cepat rute Baubau, Raha dan Kendari yang setiap harinya melintas disini.

Para Jomblo di Batu Sori. Foto : Amrin Lamena
Di atas jembatan kayu itu juga terdapat beberapa buah gazebo untuk bersantai menikmati semilir angin di Selat Buton, dan pemandangan tebing-tebing di pulau Muna dan Pulau Buton. Jika mengambil gampar dari atas anak pulau dengan beground jembatan dan gazebo tersebut, akan menghasilkan pose foto dengan lansdcape alam yang memukau.

Untuk keperluan berswafoto, di destinasi wisata yang satu ini, masyarakat lokal menawarkan beberapa aksesoris, seperti, topi pantai, payung dan lain sebagainya. Jika Anda berkunjung di destinasi wisata ini dalam waktu beberapa jam bersama keluarga, Anda tidak perlu hawatir soal makanan, disini tersedia berbagai makanan, dari makanan ringan berupa cemilan, hingga makanan berat berupa rebusan jagung dan nasi kuning.

Aktivitas anak-anak lokal di Batu Sori. Foto : Amrin Lamena
Saat berada di Batu Sori, beberapa kesempatan kita juga akan dihibur oleh aksi nekat dari anak-anak setempat yang meloncot dari tebing ke permukaan air laut. Aksi nekat ini sering membuat pengunjung terkekeh karena ekspresi mereka yang lucu-lucu saat meloncat. Suasana ini juga akan cukup menghibur Anda yang selama ini sibuk dengan aktivitas kantor dan perkotaan. Untuk menikmati keindahan destinasi wisata Batu Sori, jika Anda menggunakan mobil bersama keluarga, Anda cukup mengeluarkan gocek senilai Rp.10 ribuh.

 Setelah merasakan kesejukan dan menikmati keindahan Batu Sori, dari laut, selanjutnya kita akan menuju di daerah perbukitan yang penuh ladang sawa. Ya, akan lebih terasa nikmat setelah menghabiskan waktu berpanas-panasan di pinggir laut lalu berendam di sebuah permandian dengan airnya yang segar.

Pengunjung di Permandian Kelapa Gading. Foto : Amrin Lamena
Di Kota Baubau, tak jauh dari lokasi Batu Sori, tepatnya diperkampungan Bali, Kelurahan Ngkari-Ngkari, Kecamatan Bungi terdapat permandian buatan berupa kolam renang. Kelapa Gading, sebuah permandian buatan tepat berada di bawa bukit yang menawarkan pemandangan hijau dan yang memiliki air yang segar. Sehingga jika kesana dijamin Anda akan betah untuk berlama-lama berendam di airnya yang jernih dan sejuk.

Untuk menjangkau Kelapa Gading, dari jalan poros, pengunjung harus meleweti setapak seukuran satu buah mobil dengan jarak kurang lebih 130 meter. Saat melintasi setapak itu, pengunjung akan disugukan hamparan ladang sawa yang hijau saat musim bercocok tanam, serta aktivitas para petani yang mengembala sapi dan menyirami tanaman padi pun menjadi potret menarik yang akan kita saksikan di sepanjang perjalanan melewati setamapak menuju Kelapa Gading.

Seorang Gadis di Kelapa Gading. Foto : Amrin Lamena
Untuk menikmati kesegaran air kolam di Kelapa Gading ini, Anda yang datang  bersama rombongan menggunakan kendaraan mobil pribadi cukup mengelurkan gocek senilai Rp.10 ribuh. Selain kolam renang, di Kelepa Gading juga terdapat beberpa fasilitas untuk bersantai bersama keluarga seperti gazebo dan kanting yang di berada di samping sebela barat kolam renang.

Objek wisata yang satu ini dikelolah oleh salah satu warga Ngkari-Ngkari bernama Nyoman, yang di kembangkannya sejak tahun 2016 lalu dan setiap akhir pekannya, Kelapa Gading selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain kolam renang untuk dewasa, juga terdapat kolam renang khusus anak-anak dengan kedalaman air yang tidak cukup satu meter, sehingga untuk Anda yang membawa anak-anak ke tempat ini tidak mesti hawatir untuk tidak mengikuti keinginan sang anak untuk berenang.

Bagaimana penasaran? Selakan Anda kunjungi dan nikmati dua objek wisata sekaligus.

Posting Komentar

0 Komentar