Libur Akhir Tahun 2019, Ini 8 Destinasi Wisata Pantai di Buton Tengah Yang Wajib diKunjungi

BUTON TENGAH - Libur Akhir Tahun 2019 kini telah tiba. Momen ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk melakukan traveling mengisi libur akhir tahun. Baik bersama kelurga maupun teman. Libur akhir tahun akan lebih seruh bila mengisinya dengan kunjungan wisata pada tempat-tempat yang menarik dan nyaman.

Kabupaten Buton Tengah yang dikenal sebagai negeri seribu gua (sehewu liya) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), juga memiliki destinasi wisata pantai yang indah dan menarik yang bisa menjadi pilihan wisata keluarga para traveler di libur akhir tahun kali ini.

Pantai di Buton Tengah terkenal Indah dan menarik. Seperti halnya wisata keluarga di Bandung atau wisata keluarga di Bogor. Di Kabupaten Buton Tengah juga memiliki sejumlah pantai yang nyaman untuk wisata keluarga para traveler. Dijamin Anda akan kembali untuk berkunjung.

8 Pantai Indah, Destinasi Wisata di Buton Tengah

Dalam momen libur akhir tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Buton Tengah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Tengah telah merilis sejumlah destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi di Kabupaten Buton Tengah. Di antaranya 8 pantai berikut ini.

1. Pantai  Katembe

Pantai Katembe : Sumber : Fb. Tanda Art

Pantai yang terletak di Desa Madongka, Kecamatan Lakudo ini juga sering disebut pantai pasir putih karena hamparan pasirnya yang putih membentang panjang. Di ujung pasir putih di Pantai Katembe ini juga berdiri kokoh tebing-tebing bebatuan khars yang sangat indah untuk berswafoto.

Pantai Katembe Buteng. Foto : La Yusrie
Ketika Anda mengunjungi panta ini, setelah puas mandi di air lautnya, wisatawan bisa membilas diri dengan air sumurnya yang terasa tawar (katembe) dalam bahasa daerah setempat. Inilah, sekaligus menjadi asal muasal penyebutan Pantai Katembe. Di saat sore, di  Pantai Katembe wisatawan bisa menikmati sunset yang indah, setelah  melintasi hamparan laut lepas di langit Pantai Katembe.

Pantai Katembe juga sering kali dijadikan tempat camping untuk menikmati fajar di pagi hari karena pantai ini memiliki lahan yang cukup luas sehingga pantai ini sering dijadikan pilihan untuk camping.

2. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara Buteng. Foto : Amrin Lamena
Disebut Pantai Mutiara, karena hamparan pasir pantai yang satu ini putih bak mutiara. Bila musim barat, debur ombak di pantai ini bisa dimanfaatkan untuk berselancar. Namun di hari-hari biasa di pantai ini, merupakan tempat yang nyaman bagi wisata keluarga. Cukup mandi dan bermain ban-ban bersama anak-anak.

Danau Anano Tei, Buteng. Foto : Amrin Lamena

Untuk fasilitas, di pantai yang terletak di Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka ini telah dibangun berbagai fasilitas untuk selfie, dan gazebo untuk bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Saat ini, tak jauh dari pantai ini juga telah dibangun destinasi wisata danau Anano Tei, jaraknya hanya bersebrang jalan dengan Pantai Mutiara. Sehingga ketika berkunjung di pantai yang satu ini, wisatawan bisa menikmati dua landscape alam sekaligus. Di Danau Anano Tei ini juga lengkap denga fasilitas seperti gazebo dan jembatan titian yang indah untuk berswafoto.

3. Pantai Gubahi
Pantai Gubahi Buton Tengah. Sumber : amrinlamena.blogspot.com

Destinasi selanjutnya adalah Pantai Gubahi. Pantai yang terletak di Desa Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur ini juga memiliki  keindahan laut yang jenih dan pasir putihnya yang membentak sejauh ..... .

Di Pantai ini juga dilengkapi berbagai fasilitas taman untuk bersantai plus lengkap dengan patung ikan indosiar alias ikan terbang dibagian tebing pantai yang dikembangkan Pemerintah Desa setempat sejak 2017 lalu.

Di sore hari, di Pantai ini wisatawan akan disugukan pemandangan yang indah berupa sunset. Ya,  di pantai ini, matahari terbenam bebas di ufuk barat, tanpa ada penghalang sedikitpun bagi yang menyaksikannya.

Jika anda beruntung, saat surut, Anda akan menemukan sensasi alam yang menabjukan. Di pantai ini, layaknya pantai dimana tempat pertarungan antara Kapten Jack dan Angelica dalam filem serial Pirates Of The Caribben. Akan ada gundukan pasir yang membentak ke lautan.

4. Pantai Singku Lowu-Lowu

Pantai Singku. Foto : Rustam Awat
Memanfaatkan keindahan bebatuan besar yang terhampar di pinggir pantai dan tebing batu yang terlihat unik. Pemerintah Desa Lowu-lowu, Kecamatan Gu melalui dana desa pada tahun 2018 lalu membangun jembatan titian dari kayu yang di desain warna warni dan bersiku (dalam bahasa setempat) menuju hamparan batu-batu besar tersebut.

Di bawah jembatan ini, terlihat warna laut hijau toskal. Di jembatan ini juga ada beberapa ruang yang dibuat serupa seperti gazebo untuk beristrahat dan bersantai.

5. Pantai/Gua Maobu

Pantai Maobu. Sumber : Fb.

Satu kawasan dua objek wisata. Itulah gambaran kawasan destinasi  wisata Pantai dan Gua yang berada di jalan poros Desa Lalibo, Kecamatan Mawasangka Tengah ini.

Ada permandian pantai ada pula permandian gua. Dari celah bebatuan, air di dua permandian ini saling terhubung. Sehingga, jika air sedang pasang, permandian guanya terasa hambar airnya. Begitu juga sebaliknya, ketika surut, air di permandian Gua Maobu terasa tawar.

Maobu Beach Buteng. Sumber : Fb
Sebagai gambaran, dikawasan destinasi yang satu ini telah memiliki fasilitas yang lengkap, jalan-jalan setapak dan tempat-tempat santai untuk beristrahat sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang bertiup di Teluk Liana Banggai. Tak lupa selain fasilitas parkiran yang luas untuk kendaran dan MCK, juga ada bangunan Mushola untuk sholat.

6. Pantai Wantopi

Pantai Wantopi Buton Tengah. Sumber : Fb. Suban

Sesuai namanya, destinasi  pantai yang satu ini berada di Desa Wantopi Kecamatan Mawasangka Timur. Serupa pulau kecil yang dikelilingi pasir putih yang indah, tapi tak terpisah sedikipun dari daratan Desa Wantopi, sehingga saat berkunjung disini, wisatawan bisa membawa motor dan mobil masuk ke pantai ini.

Tabjuknya lagi, ketika dilihat dari atas, di titik terjauh, berada di pantai ini seperti tengah berada di atas kapal layar yang tengah mengarungi lautan bebas.

Asat ini juga, pantai bekas pemukiman ini juga suda ada beberapa fasilitas seperti jembatan penghubung bagi pejalan kaki. Tampil warna warniz, jembatan ini sangat keren untuk dijadikan spot berswafoto bagi wisatawan, dan saat malam hari, jembatan ini diberi penerang lampu  yang menamba kecantikan pantai ini.

7. Pantai Bungi Talaga

Pantai Bungi Talag. Sumber : Fb.Pesona Bungi Talaga

Pesona keindahan pantai yang berlokasi di Kecamatan Talaga Raya ini tak kalah menarik dan indahnya dengan pantai-pantai yang lainnya di luar kabupaten Buton Tengah. Pasir putihnya yang halus dan lembut membuat orang betah berlama-lama berbaring di atas pasir putihnya tanpa alas. Tak heran, pantai ini selalu menjadi favorit banyak wisatawan untuk berkunjung di pantai yang berada di Kepulauan Talaga ini.

Di pantai ini juga dilengkapi berbagai sarana penunjang seperti banana boat yang akan menamba keseruan bagi wisatawan ketika berkunjung di Pantai Bungi Talaga.

8. Pantai Bungi Moko

Pantai Bungi Moko. Sumber : Fb.

Pantai yang berada di Desa Moko, Kecamatan Lakudo ini, salah satu pantai yang menampilakn keindahan Teluk Lasongko. Selain keindahannya, Pantai Bungi Moko letaknya cukup strategis seperti berada di tengah-tengah Buton Tengah. Sehingga Pantai Bungi Moko selalu ramai pengunjung ditiap pekanya.

Bagaimana sahabat Traveler,? indah bukan pantai-pantai di Buton Tengah. Anda tinggal memilih pantai mana yang akan menjadi tujuan wisata keluarga Anda.

Posting Komentar

0 Komentar