Fish Apartement di Desa Bungi, Destinasi Wisata Bawah Laut Buton Tengah

Rumah Ikan di Desa Bungi.

Saat ini di Kabupaten Buton Tengah tepatnya di Desa Bungi, Kecamatan Mawasangka Timur ada lagi spot wisata baru khususnya buat anda pecinta wisata selam (dive tourism) bawa laut.

Baru-baru ini pemerintah daerah kabupaten Buton Tengah melalui Dinas Perikanan Buteng melaksanakan program pembuatan fish aparetemen atau rumah ikan di teluk lasori desa Bungi. Rencannya, selain dijadikan sebagai tempat ikan-ikan bertelur, fish apartement juga ini sebagai tempat wisata bawa laut.

Ketika berkunjung disini, wisatawan bisa menikmati dua paket wisata sekaligus. Menyelem di fish apartement dengan ditemani gerombolan ikan, dan ketika kelelahan anda bisa bersantai menikmati semilir angin teluk lasori di atas pasir putih pantai Wantopi.

"Rumah ikan itu disebar antara pelabuhan bungi dan tempat wisata pantai wantopi dengan harapan bisa jadi tempat ikan bertelur dan tempat menyelam bagi wisatawan," tutur Muh. Rijal, Kadis Perikanan Buteng

Sekalipun fish apartemen ini akan dijadikan sebagai salah satu spot wisata bawa laut di Buton Tengah, tetapi bagi masyarakat nelayan setempat masi bisa melakukan aktivitas penangkapan ikan, yang pastinya dengan cara yang ramah lingkungan.
Pantai Wantopi
"Hasil analis kami, tempat-tempat wisata harus ada pendukung sebagai daya tarik. Insya Allah dua sampai tiga bulan ikan suda banyak yang tinggal di karang buatan, alias rumah ikan ini," jelasnya

Untuk itu, kepala dinas juga menitip pesan, buat masyarakat lokal untuk melakukan aktivitas di sekitar area rumah ikan ini untuk menangkap ikan dengan menggunakan jaring tidak bisa masuk ke radius 300 meter dari rumah ikan.

"Harapan kami didinas boleh di tangkap ikannya tapi dengan alat yang ramah. Misal kalau panah, pilih saja yg besar-besar ikannya, memancing juga tidak apa-apa," jelasnya

Nah, menggunakan pukat saja suda diharus di luar radius 300 meter, apa lagi menggunakan bom atau bius ikan, suda pasti tidak diperbolehkan.

Jika fish apartemen ini berhasil, apa lagi dari perkirakan Dinas Perikanan tadi, dua bulan sampai tiga bulan kedepan suda bisa mendatangkan ikan banyak, tentunya ini akan mempermudah para nelayan menangkap ikan. Sekaligus tempat wisata selam bawah laut di Buton Tengah.

Posting Komentar

2 Komentar