Danau Fotu, Kepingan Surga di Pulau Muna

Snorkeling di Danau Fotu.


SEJAK sebelum Kabupaten Buton Tengah mekar dari daerah induknya Kabupten Buton. Buton Tengah suda memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, namun belum terjamah seutuhnya, sehingga Buton Tengah seperti gadis yang masi perawan, yang menyimpan sejutah keindahan. Salah satu destinasi yang paling menarik di daerah berjuluk "Negeri Seribu Gua" ini adalah Danau Fotu, danau indah yang memiliki karakteristik unik.

Danau Fotu terletak di tengah hutan Desa Kanap-napa, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara ini, seperti kepingan surga yang tersembunyi di hutan Pulau Muna. Tempat ini dahulunya belum banyak dikenal oleh orang-orang luar dan belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat.

Terperangkap di tengah hutan yang tertutup pepohonan hijau, Danau yang mulai dikembangkan oleh Pemerintah Desa Kanapa-napa ini menawarkan pemadangan yang menabjukan. Danau Fotu seperti mangkuk yang menanpung air berwaran kebiruan yang jernih. Batu-batu di dasar danau terlihat kristoril terlihat indah dari atas. Belantara hutan di sekitar danau penuh dengan berbagai jenis pohon, rumput dan bunga, menyediakan lingkungan yang asri, sejuk  dan menyenangkan.
Danau Fotu. Kepingan Surga di Desa Kanapa-napa

Berair biru,  menjadi salah satu daya tariknya. Dasar telaga, bagi  wisatawan baru, terlihat hanya sedalam beberaapa meter. Tapi jangan salah, di bagian tengah danau ini kedalamannya bisa mencapai 10 meter. Cocok bagi wisatawan pemula yang ingin mencoba kemampuan latihan snorkeling.
BACA JUGA : Gerbang Islami di Buteng,Spot Selfie Yang Instagrammabel
Danau dengan panjang 90 m dan lebar 7 meter ini, sejak bergulirnya dana desa pada tahun 2015. Oleh Pemerintah Desa Kanapa-napa, secara bertahap mulai merias wajah danau fotu dengan beberapa fasilitas untuk bersantai dan  termasuk chat warna warni disekitar danau. Alhasil, Danau Fotu saat ini menjadi salah satu favorit kunjungan para travelling di jantung Pulau Muna yang tetap menawarkan pemandangan yang alamiah.

Nikmati danau, kita bisa bersantai sambil selfi atau menyelam di bawah  air degan kacamata molo sambil menyaksikan pemandangan dasar danau yang menabjukan. Show, tetap perhatikan keamanan keluarga anda, apa lagi membawa anak-anak saat berkunjung disini. Tapi anda tidak perlu hawatir, di bagian danau ada bagian yang dangkal yang bisa menjadi tempat buah hati Anda tetap bisa menikmati kejernihan dan kesegaran air Danau Fotu dengan snorkelinng. 

Di bagian tengah Danau, ada jembatan kayu yang menjadi jembatan penyebrang. Saat anda berfoto disana, Anda akan merasakan sensasi dimensi alam yang memumakau, danau yang biru dan pepohonan hijau nan rimbun.

Untuk menikmati keindahan danau ini, pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua (motor) cukup mengeluarkan tarif sebesar Rp. 5.000 sekali masuk, bagi pengunjung yang menggunakan  kendaraan roda empat dikenakan tarif sebesar  Rp.10.000 dalam sekali masuk. Cukup murah kan, lebih murah dari sebungkus rokok, hehe.
Kepingan Surga di Tengah Hutan Pulau Muna

Untuk mencapai Danau Fotu, ada dua alternatif jalur yang bisa di lewati. Menggunakan kapal dari Ibu kota Sulawesi Tenggara, perjalanan dimulai dari Pelabuhan Nusantara yang terletak di Kota Kendari menuju Pelabuhan Raha di  Kabupaten  Muna dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dari pelabuhan Raha, wisatan dapat menggunkan mobil menuju Buton Tengah dengan waktu tempuh sekitar 2 jam lebih.
Baca Juga : Apa Yang Menarik Dari Wisata di Mawsangka Timur Buton Tengah
Wisatawan bisa juga bisa melewati  jalur dari kota terdekat, yakni Kota Baubau. Dari Kota Baubau, Anda akan menyebrang menggunakan jasa penyebrangan menggunakan Ferry Baubau ke pelabuhan Ferry Wamengkoli, Buton Tengah dengan jarak tempuh 30 menit. Dari Pelabuhan Ferry Wamengkoli perjalnan dilanjutkan menggunakan kendaraan umum (jika anda tidak membawa kendaraan sendiri) dengan jarak  tempuh 2 jam.

Sementara jika Anda menggunakan pesawat,  perjalanan dimulai dari Bandara Halu Oleo yang terletak di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara, yakni Kota Kendari, menuju Bandara Sugimanuru di Kabupateb Muna Barat. Dari Bandara Sugimanuru, Anda bisa langsung ke Danau Fotu menggunakan kendaraan umum dengan jarak tempuh 1 Jam stengah. Atau bisa melewati Bandara Betoambari di Kota Baubau dengan rute dan jarak yang sama dengan sebelumnya menggunakan kapal.

Rasa penat Anda akan hilang komplikasi seketika hingga tiba di kepingan surga yang dicipatakan Tuhan ini. Di Desa Kanapa-napa Anda akan banyak menemukan keunikan dari masyarakatnya, salah  satunya aktivitas masyarakat Kanapa-napa yang membudidayakan tanaman Vanili.

Posting Komentar

0 Komentar